ASUS Zenfone Max M2 yang Istimewa, Buat Jiwa Ingin Mendua

Sebagai seorang pecinta sastra, saya sering menghabiskan waktu senggang dengan membuat cerita pendek, pantun, hingga puisi. Ide biasanya muncul di mana saja dan kapan saja. Saat mengetahui ASUS menelurkan smartphone baru yang diberi nama ASUS Zenfone Max M2, serta-merta saya terpikir untuk membuat membuat puisi tentangnya. Kreativitas saya mungkin sudah sampai tahap absurd. Ini dia puisi karya saya yang aneh luar biasa.

PUISI ASUS ZENFONE MAX M2

 

Teruntuk ASUS Zenfone Max M2
Tak akan kita dibuat kecewa
Sebab ia adalah smartphone dewa
Meski terjangkau, namun tampak mewah
Penuh dengan fitur istimewa
Dengan ukuran yang mudah dibawa
Bersamanya, mari kelilingi benua
Buat hari-hari lebih bernyawa
Mengabadikan setiap peristiwa
Penuh canda, penuh tawa
Bersama ASUS Zenfone Max M2
Cocok bagi kawula muda hingga tua
Untuk ketua, untuk mertua
Bahkan tak hanya untuk mereka berdua
Buat kita lebih berwibawa
ASUS Zenfone Max M2 untuk semua

 

Maksa banget, sumpah. Namun tak apa, namanya juga mencoba berkarya. Mungkin karena di bulan ini saya terlalu senggang, ide-ide aneh pun bertebaran. Maklum, masa perkuliahan dimulai awal bulan Februari, sehingga mau tak mau saya jadi pengangguran selama sebulan. Hari-hari saya dihabiskan dengan menulis, membaca, bermain game, makan, tidur, lalu berulang lagi seperti itu. Sungguh tidak produktif. Padahal, awalnya, saya sudah membuat resolusi 2019 untuk jadi lebih rajin. Aduh, baru sebulan saja, kok rasanya sudah hampir gagal, ya?

Berbicara tentang produktivitas, umumnya tentu perlu disokong dengan perangkat elektronik, salah satunya yakni ponsel. Telepon genggam sudah seakan menjadi kebutuhan primer. Kita tentu butuh benda yang satu ini untuk menunjang berbagai aktivitas harian kita, seperti berkomunikasi dengan orang lain, mengabadikan momen-momen penting, hingga melepas penat dengan bermain game atau berselancar sejenak di dunia maya.

Evolusi telepon yang saya gunakan sendiri terasa cukup jelas. Dulu, saat masih duduk di bangku sekolah dasar, saya diberi telepon genggam super tebal, berlayar hitam-kuning, lengkap dengan antena panjang yang seakan-akan ingin menusuk kepala sang pengguna. Bertahun-tahun setelahnya, saya sudah punya telepon dengan layar warna-warni yang bisa memutar radio. Lebih canggih lagi, saat robot hijau menyerang beberapa tahun kemudian, saya akhirnya punya smartphone android saya sendiri, yakni ASUS Zenfone 5.

Perkembangan dunia telepon genggam begitu cepat terjadi. Hari ini kita bisa saja merasa punya ponsel yang luar biasa canggih, namun besok-besok muncul lagi seri ponsel lainnya yang tak kalah menggoda. Belum lagi, aplikasi yang bertebaran di pasaran terus mengalami pembaruan, sehingga mau tak mau perangkat yang kita gunakan pun harus turut berkembang.

Usai beberapa tahun berpuas-puas dengan ASUS Zenfone 5, saya meminang smartphone baru. Masih setia dengan merek favorit saya, yaitu ASUS Zenfone Selfie. Ponsel yang satu ini punya spesifikasi lebih gahar dari pendahulunya dan tak terasa sudah menemani saya beberapa tahun pula. Akan tetapi, sebagai manusia biasa yang tak lepas dari dosa, saya kembali tergoda dengan smartphone lain.

Saya sendiri punya beberapa pertimbangan dalam memilih smartphone baru. Selain rentang harga yang tak boleh menguras kantong terlalu dalam, faktor merek yang terpercaya dan spesifikasi yang bagus tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Dari sekian banyak ponsel yang beredar di pasaran, timbul pertanyaan: bagusan yang mana, ya?

Pandangan saya jatuh pada sebuah smartphone yang dibanderol hanya dua jutaan, namun punya segudang fitur menggiurkan. Ialah ASUS Zenfone Max M2 ZB633KL, sebuah perangkat yang dirilis pada Desember 2018 untuk memuaskan kebutuhan masyarakat dari segala sisi. Lantas, apa yang membuatnya unggul dibanding pesaingnya?

DESAIN

Cinta pada pandangan pertama ternyata tak hanya terjadi antara sesama manusia. Kala pandangan mata bertemu dengan ASUS Zenfone Max M2, kesan pertama yang terbayang adalah: smartphone ini cantik!

sumber : yugatech.com (dengan pengubahan)

Berbahan dasar metal, ia punya tampilan yang mewah. Memiliki dimensi panjang 15.8 cm dengan lebar 7.6 cm, ASUS Zenfone Max M2 nyaman digenggam dengan satu tangan, baik tangan pria maupun wanita. Bobotnya yang seberat 160 gram juga membuatnya masih tergolong enteng dibawa ke mana-mana. Apalagi, ketebalannya yang hanya sebesar 7.7 mm menjadikannya salah satu smartphone yang tipis dan selangsing artis Korea.

Keindahannya ditambah dengan desain poni atau notch yang sedang hits akhir-akhir ini. Di bagian depannya, tidak ada tombol fisik maupun tombol kapasitif karena seluruhnya dihadirkan ke dalam layar. Menurut saya, desain seperti ini tampak lebih simpel, bersih, dan sederhana.

ASUS Zenfone Max M2 diluncurkan dengan 3 varian warna menarik, antara lain Midnight Black yang berwarna hitam pekat, Space Blue yang berwarna biru menggoda, serta Meteor Silver dengan warna perak yang anggun.

LAYAR

Berbicara tentang desain, rasanya kurang lengkap jika tak membahas mengenai layar. Maklum, smartphone zaman sekarang ya isinya layar semua, haha. Begitu pula dengan ASUS Zenfone Max M2 yang memiliki layar berukuran 6.3 inci berasio 19:9 yang memenuhi hampir seluruh bagian bodinya, yakni sebesar 88%. Adapun bezel di tepi kiri-kanannya begitu tipis, membuatnya kelihatan elegan.

Saat memilih smartphone, saya sendiri mencantumkan layar sebagai syarat mutlak. Layar tentu sangat penting, mengingat seluruh aktivitas yang kita lakukan menggunakan smartphone mengharuskan kita menggunakan layar. Tanpa layar, apa yang mau dilihat, coba?

Layar yang dimiliki ASUS Zenfone Max M2 ini beresolusi HD+ 1520 x 720 piksel atau setara dengan 269 ppi. Semakin tinggi kerapatan layar, maka semakin nyaman juga dipandang oleh mata. Teknologi yang digunakan smartphone ini berupa IPS LCD yang jernih serta tajam.

Tidak hanya itu, layarnya masih terlihat jelas dari sudut 178 derajat sekalipun. Sudut pandang yang luas tentu sangat berguna dalam berbagai situasi. Contohnya saja, saat ingin menonton video bersama teman, kita tak perlu berebut duduk di tengah untuk mendapat view terbaik. Dengan ASUS Zenfone Max M2, saturasi warna tetap terjaga.

Tak berhenti sampai di situ, ASUS Zenfone Max M2 telah dibekali oleh Corning Gorilla Glass 6 yang mampu melindungi layar. Dengan begitu, kita tak perlu takut layar smartphone kesayangan kita tergores. Setidaknya, saat terjatuh pun, kita masih merasa aman. Pelindung layar jenis ini diklaim dapat membuat layar yang jatuh dari ketinggian 1 meter bertahan dalam kondisi mulus.

Dengan ukuran layar yang lapang disertai kerapatan tinggi serta saturasi warna yang tajam, ASUS Zenfone Max M2 ini nyaman untuk digunakan. Apalagi, ia telah didukung oleh multitouch sebanyak 10 titik. Yah, walaupun terkadang saya masih berpikir, untuk apa sepuluh jari kita bertengger cantik di atas sebuah layar? Mungkin fitur ini lebih terpakai saat bermain game, ya.

sumber: giphy.com (dengan pengubahan)

HARDWARE

Dapur pacu menjadi jantung bagi sebuah smartphone dalam beraksi. Bagi saya, hardware menjadi bagian terpenting dalam memilih telepon genggam. Bukannya apa, lancarnya kinerja sehari-hari tentu tak lepas dari perangkat keras yang tertanam di dalam smartphone.

Berada di rentang harga dua jutaan, ASUS Zenfone Max M2 punya spesifikasi gahar. Prosesor yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 632, jenis prosesor yang merupakan versi pembaruan dari prosesor Snapdragon 625. Jelas Snapdragon 632 lebih unggul karena kinerja CPU-nya lebih cepat 40% dan kemampuan olah grafis meningkat sebesar 10%. ASUS Zenfone Max M2 pun diklaim 1.75 kali lebih responsif dari ASUS Zenfone Max M1 sekaligus lebih hemat daya dan tidak mudah panas.

ASUS Zenfone Max M2 ditemani dengan prosesor yang intinya sejumlah tentakel gurita, yakni berinti delapan atau octa core. Besarnya 1.8 GHz, tergolong besar dan mumpuni diajak beraktivitas. Ia pun diluncurkan dengan dua variasi, yakni dengan memori RAM 3 GB/ROM 32 GB serta RAM 4 GB/ROM 64 GB. Memorinya yang lega membuatnya bisa diisi dengan berbagai aplikasi. RAM yang besar pun membuat smartphone ini bisa terhindar dari lag yang mengganggu. Jika merasa kurang puas, kita bahkan bisa menambahkan kartu memori dengan kapasitas hingga 2 TB.

Perpaduan antara prosesor dan memori yang digunakan menjadi kunci kenyamanan sebuah smartphone. Sebagai seorang mahasiswa informatika, saya biasa menginstal aplikasi coding pada smartphone. Mengetik ratusan baris kode dan menjalankannya tentu butuh spesifikasi tinggi agar proses berlangsung cepat. ASUS Zenfone Max M2 menghapus kekhawatiran saya akan ponsel yang lelet.

sumber: tenor.com

Selain diajak bekerja, ASUS Zenfone Max M2 juga patut diacungi jempol untuk urusan rekreasi. Ia bisa diajak bermain game mulai dari yang ringan sampai yang berat sekalipun seperti hingga Mobile Legend: Bang-Bang, Clash of King, Garena Free Fire, hingga PUBG. Berdasarkan gaming test yang saya lihat di dunia maya, saat memainkan game dengan frame rate yang tinggi, ia masih bisa diajak ngebut dan suhunya pun tidak cepat panas.

sumber: dokumen pribadi

Sudah punya ‘otot’ yang mantap, tentu perlu disokong oleh ‘otak’ yang baik pula. Sistem operasi android yang terdapat pada ASUS Zenfone Max M2 ini sudah bertipe Oreo 8.0 dan juga akan kecipratan update ke android versi Pie 9.0. Smartphone yang satu ini menggunakan sistem pure android sehingga kinerjanya jadi lebih ringan dan responsif. Salah satu gebrakan yang tepat untuk dilakukan oleh ASUS.

 

BATERAI

Rasanya sangat menyebalkan jika harus beraktivitas seharian di luar rumah namun smartphone tiba-tiba mati karena baterai habis. Apalagi, ternyata powerbank pun lupa dimasukkan ke dalam tas. Dunia seakan runtuh. Untuk itulah, baterai yang besar menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan kala memilih telepon genggam.

sumber: giphy.com (dengan pengubahan)

Disokong oleh baterai li-po berkapasitas 4000 mAh, ASUS Zenfone Max M2 ini dapat bertahan selama 2 hari untuk pemakaian normal. Waktu standby dengan sinyal 4G bahkan mencapai 33 hari. Ia pun diklaim bisa dipakai selama 22 jam untuk wi-fi web browsing, 21 jam untuk menonton video, hingga 8 jam bermain game Garena Free Fire tanpa berhenti. Daya baterainya jauh lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Meskipun belum didukung oleh teknologi fast charging, ternyata hanya dibutuhkan waktu selama 2 jam untuk mengisi baterai smartphone ini hingga penuh. Tergolong cukup cepat untuk ponsel berkapasitas baterai besar. Pengisian yang cepat menjadi hal yang cukup penting. Kegiatan colok-cabut yang dilakukan saat baterai smartphone belum penuh merupakan hal yang kurang baik bagi kesehatan baterai. Dengan pengisian yang cepat, kita bisa menghindari hal tersebut terjadi.

KAMERA

Mengabadikan momen berharga kini tak perlu menggunakan kamera mahal, sebab fungsinya telah tersubstitusi oleh telepon genggam canggih yang menawarkan fitur kamera menarik. Begitu pula dengan ASUS Zenfone Max M2 yang kameranya patut diacungi jempol. Kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan f/1.8 yang ditemani pula kamera sekunder sebesar 2 MP dengan depth sensor. Dengan dual kamera, kita bisa berfoto dengan efek bokeh yang membuat gambar menjadi lebih kece. Di bawah ini saya sertakan contoh foto dari ASUS Zenfone Max M2 yang saya dapat dari blog review ponsel.

sumber: bgr.in

Kamera depannya pun dirasa lebih dari cukup, yakni sebesar 8 MP dengan bukaan f/2.0 yang bahkan punya jangkauan tangkapan hingga 77.2 derajat. Bahkan, tidak mau kalah dengan kamera belakang, ia juga disematkan dengan LED flash sehingga cocok untuk selfie maupun berfoto ria bersama teman di tempat terang maupun gelap (ngapain foto gelap-gelapan?).

Jika teman-teman punya niat untuk menjadi vlogger, maka ponsel ini dapat dijadikan alternatif alat perekam video, sebab ASUS Zenfone Max M2 ini mampu merekam video 4K ultra HD. Fitur EIS (Electronic Image Stabilization) yang dimilikinya membuat gambar dapat diambil dengan lebih stabil, tidak blur maupun goyang. Tidak hanya itu, ia punya AI scene detection yang unik serta fitur real time beautification yang dapat mempercantik wajah.

sumber: ASUS (dengan pengubahan)

AUDIO

Punya pemutar musik dengan suara cempreng tentu mengurangi kepuasan telinga saat mendengar lagu. Untungnya, hal tersebut tidak akan kita dapati pada ASUS Zenfone Max M2 sebab ia dibekali dengan 5 magnet speaker berlapis metal dan NXP Amplifier berdistorsi rendah. Keluaran suaranya 67% lebih kencang, namun tetap jernih dan tajam. Sensasi mendengar musik menjadi lebih yahud.

Peletakan speaker yang berada di bagian bawah, bukan di bagian belakang seperti kebanyakan smartphone lain, juga menjadi keunggulan dibanding kompetitornya. Kita tidak perlu khawatir musik akan teredam saat ponsel diletakkan dalam posisi telentang maupun tengkurap (emangnya bayi, belajar tengkurap?).

Jika kita tak ingin berbagi keributan dengan dentuman musik yang kencang, kita dapat mencolok jack audio 3.5 mm ke ponsel ini. Lubang yang satu ini terkadang dihapus oleh produsen ponsel zaman sekarang, namun rupanya ASUS masih berbaik hati untuk menyematkannya.

KONEKTIVITAS DAN SENSOR

Konektivitas pada ponsel ini cukup lengkap, mulai dari bluetooth v5.0 untuk transfer data, wi-fi 802.11 b/g/n disertai 2.5 GHz wi-fi direct, radio FM, port micro USB, hingga GPS yang terbagi menjadi A-GPS, GLONASS, serta BDS.

sumber: dokumen pribadi

ASUS Zenfone Max M2 dibekali dengan 2 slot SIM dengan dual standby yang mendukung 4G LTE 300 Mbps. Ada juga satu slot microSD tambahan. Jadi, kita tidak perlu merasa galau menimbang-nimbang untuk memasukkan kartu memori atau kartu SIM.

Sensor yang dimiliki ponsel ini juga cukup lengkap, mulai dari fingerprint, face recognition, accelerometer, gyroscope, proximity, hingga compass.

sumber: dokumen pribadi

HARGA

Setelah berbicara panjang lebar mengenai fitur ASUS Zenfone Max M2, tentu ada satu hal yang menjadi tolok ukur apakah sebuah ponsel memang worth it untuk dibeli.

Untuk varian RAM 3 GB/ROM 32 GB, ponsel ini dibanderol Rp2.300.000, sementara versi RAM 4 GB/ROM 64 GB dipatok seharga Rp2.700.000. Cukup terjangkau mengingat ASUS merupakan sebuah merek yang tak diragukan lagi kualitasnya sekaligus memiliki layanan purna jual memuaskan.

 

JADI, KENAPA HARUS ASUS ZENFONE MAX M2?

ASUS Zenfone Max M2 memiliki segudang kelebihan dibanding kompetitornya di rentang harga yang sama. Jika dirangkum, ini dia keunggulannya.

sumber: dokumen pribadi

Bagaimana? Apa sobat juga tergiur? Yuk, #2019GANTIHP dengan ASUS yang anti-PHP alias anti-gaib. Produk ini mudah ditemukan baik secara online maupun offline. Jika kamu juga sedang mencari smartphone dengan bentuk fisik yang cantik, hardware mumpuni, kapasitas baterai besar, hingga kamera dan fitur audio yang oke banget, maka ASUS Zenfone Max M2 bisa jadi pilihan.

Nah, bagi sobat yang agak pusing mengingat apa saja fitur ASUS Zenfone Max M2, di bawah ini saya sertakan tabel spesifikasi yang lebih lengkap.

sumber: dokumen pribadi
data: asus.com; gsmarena.com

 

Jadi, bagaimana? Apa jiwamu juga mendua?

Advertisements

Comment Please ! ~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s