[Belajar PKn] Asas dan Tujuan Pengaturan Wilayah Indonesia

Sayang kalau file belajar hanya nganggur di laptop, lebih baik saya bagikan. Semoga membantu ya, kawan!

  1. Asas Pengaturan Wilayah Indonesia

Asas merupakan prinsip dasar yang menjadi acuan berpikir pemerintah dalam mengambil keputusan-keputusan yang penting di dalam kelangsungan negara.

Dalam menentukan pengaturan wilayah Indonesia, pemerintah haruss memperhatikan beberapa asas. Ada beberapa asas pengaturan wilayah yang diterapkan dan dianut di Indonesia, antara lain asas kedaulatan, asas kebangsaan, asas kenusantaraan, asas keadilan, asas keamanan, asas ketertiban dan kepastian hukum, asas kerja sama, asas pemanfaatan, dan asas pengayoman.

Asas Kedaulatan

Asas kedaulatan dalam pengaturan wilayah negara Indonesia merupakan salah satu asas yang menempatkan Indonesia sebagai negara yang berdaulat. Kedaulatan teritorial atau kedaulatan wilayah adalah kedaulatan yang dimiliki negara dalam melaksanakan kekuasaan mengadili di wilayahnya.

Asas Kebangsaan

Asas kebangsaan didasarkan pada kekuasaan negara untuk warga negaranya. Menurut asas kebangsaan, setiap warga negara di mana pun ia berada tetap mendapat perlakuan hukum dari negaranya.

Asas Kenusantaraan

Yang dimaksud dengan asas kenusantaraan adalah dalam menentukan pengaturan wilayah Indonesia, kepentingan seluruh wilayah Indonesia diperhatikan dengan baik.

Asas Keadilan

Asas keadilan mengandung makna peraturan perundang-undangan yang dibuat untuk menentukan peraturan wilayah Indonesia harus mencerminkan keadilan yang proporsional di setiap wilayah.

Asas Keamanan

Asas keamanan adalah asas di mana pengaturan wilayah Indonesia harus memberikan jaminan atas keamanan setiap wilayah Indonesia.

Asas Ketertiban dan Kepastian Hukum

Asas ketertiban dan kepastian hukum mengandung arti bahwa pengaturan wilayah harus dapat mewujudkan ketertiban dalam masyarakat melalui jaminan kepastian hukum.

Asas Kerja Sama

Asas kerja sama merupakan salah satu asas pengaturan wilayah di mana wilayah-wilayah di Indonesia dapat saling bekerja sama tanpa mengesampingkan tujuan utama masing-masing wilayah.

Asas Pemanfaatan

Asas pemanfaatan mengandung arti bahwa pengaturan wilayah Indonesia harus memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi Indonesia.

Asas Pengayoman

Asas pengayoman  mengandung arti setiap pengaturan wilayah Indonesia harus memberikan perlindungan dalam rangka menciptakan ketentraman baik bagi masyarakat Indonesia di berbagai wilayah.

  1. Tujuan Pengaturan Wilayah Indonesia

Pemerintah dalam melakukan pengaturan wilayah Indonesia didasarkan atas beberapa tujuan. Adapun setiap tujuan diharapkan dapat dicapai.

  1. Menjamin keutuhan wilayah negara, kedaulatan negara, dan ketertiban di kawasan perbatasan demi kepentingan kesejahteraan segenap bangsa.
  2. Menegakkan kedaulatan dan hak-hak berdaulat.
  3. Mengatur pengelolaan dan pemanfaatan wilayah negara dan kawasan perbatasan termasuk pengawasan batas-batasnya.
  4. Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di wilayah perbatasan.
  5. Mengarahkan negara pada kehidupan yang teratur, di mana jika kehidupan negara teratur maka akan mempermudah warga negara mencapai kehidupan yang lebih sejahtera.

 

Keyword : belajar pkn, catatan, pkn, ppkn, pendidikan kewarganegaraan, kelas x, xi, xii, ix, pengaturan wilayah, wilayah indonesia

Comment Please ! ~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s